Jangan Remehkan Akibat Memakai Smartphone Secara Terus – Menerus

Baru – baru ini ada seorang warga RRC yang menggemparkan dunia dengan penyakit kanker mata. Bukan karena gejala biasa, pria yang masih muda ini didiagnosis menderita kanker mata akibat memakai smartphone secara terus – menerus dalam keadaan gelap. Jadi, pria ini menceritakan bahwa sebelum tidur ia mempunyai kebiasaan buruk yaitu membuka – buka smartphonenya untuk mengisi waktu sampai mengantuk. Ternyata, hal itulah yang menjadi penyebab utama kanker mata yang tidak umum menimpa orang di bawah usia 40 tahunan.

Selain kanker mata, ada beberapa dampak lain yang tidak boleh diremehkan saat menggunakan smartphone. Memang, smartphone merupakan sarana komunikasi dan mesin yang banyak membantu meringankan beban kerja manusia. tetapi bukan berarti smartphone harus selalu dinyalakan dan mata pengguna terpaku pada benda kotak itu saja. Banyak hal yang akan dilewatkan, serta akibat buruk menanti.

Salah satu hal yang bisa dipastikan akan merenggut kebahagiaan pemilik smartphone adalah tulang belakang yang melengkung. Akibat memakai smartphone terlalu lama, seseorang akan lebih sering membungkukkan sedikit badan sembari merunduk. Tentu hal ini bukan ide bagus karena tulang belakang akan terus mengikuti bentuk tersebut sehingga lama – kelamaan bisa menjadi bungkuk. Berdasarkan penelitian, orang – orang menjadi bungkuk di usia muda dewasa ini bukan karena terlalu berat menyangga beban seperti orang – orang di masa lalu, tetapi karena terlalu sering membungkuk untuk memakai smartphone.

Selain itu, akibat memakai smartphone terus menerus termasuk dalam suasana komunitas adalah kehilangan teman. Karena, saat orang lain asyik bicara dan mengutarakan pendapatnya, pemilik smartphone tidak konsentrasi dan malah meluncur di dunia maya. Hal ini tentu membuat orang lain tidak nyaman dan lama – lama menghindar. Banyak orang yang berubah menjadi anti sosial atau sosiopat karena pengaruh smartphone.

Jadi, alangkah baiknya jika penggunaan smartphone dibatasi misalnya saat bekerja saja. Istirahatkan tubuh, mata dan pikiran dari smartphone selama jam makan siang. habiskan waktu untuk berbincang. Selain itu, jika sudah berkeluarga atau menjalin hubungan, sangat baik untuk fokus pada lawan bicara dan menonaktifkan smartphone untuk waktu yang berkualitas.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *