Oleh-Oleh Hingga Makanan yang Harus Dicoba di Kota Jambi

Jambi Paradise masih menawarkan menawarkan wisata alam sebagai ikon di Kota Jambi. Salah satu wisata alam yang terkenal di Kota Jambi yakni Danau Sebening Kaca. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang berwarna biru dan sangat jernih serta memancarkan cahaya terang saat malam. Selain Danuau Sebening Kaca, masih banyak lagi danau, air terjun, dan pantai yang bisa didatangi di Jambi. Jika sudah penasaran berapa harga tiket ke Jambi, kamu dapat cek harga penerbangan, salah satunya melalui reservasi.com yang terpercaya. Nah, ketika berlibur ke Bali jangan lupa untuk mencicipi kuliner dan membawa oleh-oleh khas Jambi.

  • Tempoyak

Dilihat dari segi bentuk Tempoyak mirip dengan gulai. Namun, Tempoyak merupakan olahan khas Jambi yang terbuat dari buah durian yang difermentasikan. Dulunya, Tempoyak merupakan makanan sehari-hari penduduk Trengganu. Uniknya, Tempoyak ini bisa dijadikan berbagai olahan seperti Gulai Tempoyak, Sambal, dan Gulai Tempoyak Ikan Sungai. Ikan yang dipilih tidak sembarangan, biasanya air tawar seperti ikan baung, patin, dan mas merupakan bahan utamanya.

Di Jambi, ada satu restoran terkenal yang menyajikan tempoyak yakni restoran Duo Nenek yang berada di Jalan Cempaka Putih Jelutung, Kota Jambi. Agar lebih dekat saat berkunjung, kamu dapat mencari hotel sekitar Cempaka Putih. Gunakan pencarian hotel dan filter di reservasi.com baik website ataupun aplikasi.

  • Lempok Durian

Buah durian dikenal dengan baunya yang menyengat. Namun, durian termasuk buah terlezat dan paling banyak diminati. Nah, jika tidak suka dengan baunya yang menyengat kamu dapat mencoba Lempok Durian.

Lempok hampir seperti dodol dan terdapat dua jenis ada yang hanya menggunakan durian dan gula saja serta durian yang sudah dicampur dengan ketan dan gula. Harganya bervariasi mulai dari Rp25.000 hingga Rp30.000,- Ada satu brand  yang terkenal yakni Maulagi yang bisa kamu coba. Jadi, ketika ke Jambi sudah tidak pusing kan untuk membawa buah tangan apa untuk saudara atau rekan kerja?

  • Nasi Gemuk

Jangan sampai kamu tidak mencoba nasi Gemuk karena takut berat badan bertambah. Pasalnya, nasi Gemuk yang memiliki rasa gurih dan biasa dinikmati saat pagi hari. Nasi Gempol telah populer untuk santapan di pagi hari sejak 1970-an. Dari nasinya, hampir seperti dengan nasi uduk menggunakan santan tetapi dengan jumlah yang lebih banyak dan juga menggunakan minyak. Tak hanya santan, nasi ini juga menggunakan daun salam, pandan dan serai sebagai tambahan. Sebagai pelengkap, nasi gemuk dihidangkan dengan telur rebus, mentimun, irisan telur dadar, bawang goreng, sambal, kerupuk serta disiram oleh kuah kari ayam atau sapi.

Nasi Gemuk ini bisa kamu temukan mudah di berbagai jalan di Kota Jambi, harganya pun sangat terjangkau yakni Rp10.000 per porsi.  Tertarik untuk menjelajah objek wisata dan mencicipi kuliner khas Jambi? Sriwijaya merupakan maskapai penerbangan yang menyediakan destinasi ke Jambi. Kamu dapat melihat daftar harga tiket Sriwijaya Air melalui Reservasi.com.

  • Ikan Kerutup

Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama ikan air tawar yang bersisik seperti nila, gurame, dan juga ikan mas. Salah satu dari ikan ini dipilih dan diberikan olahan daun kunyit agar bau amisnya hilang dan menjadi harum. Di Jambi ada satu warung rumahan yang sudah tujuh tahun mengolah makanan yakni Warung Laris yang berada di bilangan Jambi No.71 Simpang Tiga Sipin. Setiap harinya warung ini selalu menyajikan 40 olahan khas Jambi, khususnya Ikan Kerutup yang berukuran besar dengan bumbu halus yang lezat.

  • Kue Burgo

Sekilas kue Bargo memiliki bentuk yang mirip dengan dadar gulung. Padahal, kue seperti dadar gulung ini terbuat dari adonan tepung terigu dan sagu yang disajikan dengan kuah gurih santan atau kaldu ikan dan udang ditambah bawang goreng. Kue gurih bertekstur kenyal ini banyak disukai warga Jambi dan juga wisatawan khususnya bukan penggemar makanan manis.

Kue Burgo juga sering disamakan dengan kue gandus karena terbuat dari tepung terigu dan santan. Bedanya hanya dalam penyajian kue gandus ditaburi dengan suiran ayam, ubi, abon ikan, maupun daging.  Harga kue burgo per kemasan pun sangat terjangkau Rp5.000 per kemasan.

  • Sop Tulang

Sop tulang khas Jambi ini hampir sama dengan sop iga. Sop tulang khas Jambi memiliki kuah bening dengan rasa yang gurih. Meskipun namanya tulang bukan berarti kamu hanya akan menggigit tulang. Justru saat makan sop tulang kamu dapat menikmati dagingnya yang empuk karena direbus hingga empat jam. Aroma kaldu sapi benar-benar tercium saat disajikan. Harganya pun sangat terjangkau yakni mulai dari Rp15.000,-. Kamu bisa menmukannya saar sore hingga malam hari di berbagai jalan di Jambi.

Tunggu apalagi dibandingkan menghabiskan waktu akhir tahun ke luar negeri lebih baik jelajahi dulu Jambi, cek segera daftar harga tiket Sriwijaya Air

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *