3 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan suatu rasa yang berani yang muncul dalam diri seseorang. Berani dalam arti berani untuk bergaul atau berinteraksi dengan orang lain. Berani untuk menampilkan dirinya di depan orang lain seperti dalam sebuah forum musyawarah seseorang yang percaya dirinya tinggi akan berani tampil mengemukakan pendapatnya.

Kadang ada seseorang yang minder karena rasa percaya dirinya yang kurang. Orang yang kurang percaya diri ini akan menilai dirinya selalu kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Sehingga orang yang percaya dirinya rendah akan sulit bergaul sehingga tidak mempunyai banyak teman. Lalu bagaimana jika anak kita yang kurang rasa percaya dirinya? Ada 3 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak yaitu :

  1. Jangan Membandingkannya Dengan Anak Yang Lain

Pada dasarnya setiap orang tua menginginkan anaknya itu hidup sehat dan cerdas. Namun jika kita kedapatan anak yang tidak sehat secara fisik atau kurang cerdas maka orang tua harus bisa berlapang dada menerimanya. Jangan membandingkan kekurangan anak kita dengan kelebihan yang dimilki anak yang lain. Karena jika membandingkannya dengan kelebihan anak yang lain maka akan menyebabkan anak itu akan minder.

  1. Selalu Beri Apresiasi Jika Anak Melakukan Sesuatu Yang Tak Biasa Dilakukannya

Selalu beri apresiasi ketika anak melakukan sesuatu yang tak biasa dilakukannya sebagai contoh ketika anak sudah bisa makan sendiri dan habis beri tepuk tangan atau ucapkan “ wah dede hebat ya sekarang udah bisa makan sendiri tambah pintar aja “. Memang seperti hal sepele namun ini akan membuat anak merasa dihargai dengan apa yang dilakukannya.

  1. Jangan Langsung Menyalahkan Ketika Anak Salah

Kadang anak ingin mencoba untuk mandiri misal seperti mengambil air minum sendiri namun kadang anak tidak hati hati atau tidak tau caranya sehingga saat dia akan menuangkan air ke gelas tumpah dan basah ke lantai. Kadang beberapa orang tua langsung memarahi anaknya karena salah. Hal ini akan menyebabkan anak merasa tidak dihargai dengan apa yang telah diusahakannya.

Percaya diri dalam diri seseorang itu penting namun jangan sampai terlalu percaya diri. Karena jika terlalu percaya diri biasanya orang ini akan tidak tahu malu dan merasa dirinya yang paling hebat dan biasanya kurang menghargai orang lain.

About Lai Karomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *