3 Jajanan Pasar Ini Terbuat Dari Umbi Umbian

Jajanan pasar merupakan makanan yang dijajakan atau dijual di pasar pasar tradisional dan juga di pinggir pinggir jalan. Beraneka ragam jenis jajanan pasar yang dijual sehingga kita bisa memilih jajanan pasar apa yang akan dibeli untuk dikonsumsi bersama keluarga. Bahan yang digunakannya juga bermacam macam ada yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, beras ketan, dan bahan lainnya.

Dari cara pengolahannya juga bermacam macam ada yang digoreng, dikukus, dipanggang, dan lainnya. Dan dari cara penyajiannya juga berbeda beda ada yang dibungkus dengan daun pisang, dengan plastik, memakai kertas mangkuk, dan lainnya. Dalam kesempatan ini saya akan uraikan 3 jajanan pasar dengan bahan dasar umbi umbian yaitu :

  1. Misro

Misro atau amis dijero (dalam bahasa sunda) merupakan sebuah makanan jajanan pasar yang terbuat dari umbi umbian yaitu singkong. Misro ini rasanya manis dan berisi gula merah didalamnya. Adonan parutan singkong ini dibentuk bulat bulat kecil dan diisi gula merah untuk kemudian digoreng sampai warnanya kecoklatan.

  1. Comro

Comro itu singkatan dari oncom di jero (dalam bahasa sunda) juga merupakan makanan tradisional jajanan pasar yang terbuat dari umbi umbian yaitu singkong. Proses pembuatannya sama dengan misro yaitu adonan parutan singkong dibentuk biasanya agak lonjong dan diisi dengan oncom yang sudah dicampur dengan rempah rempah lainnya kemudian digoreng sampai matang.

  1. Bola Ubi

Jajanan pasar ini dilihat dari namanya saja yaitu bola ubi, tentu terbuat dari umbi umbian yaitu ubi jalar. Adonan dari ubi itu dibentuk bulat bulat dan diisi gula merah dan kemudian digoreng hingga warnanya agak kecoklatan. Sudah dipastikan rasa dari bola ubi ini manis karena ada gula merah didalamnya.

Selain singkong dan ubi ada juga umbi umbian lain yaitu talas. Sering saya temui dijalanan  jajanan dari talas ini yaitu talas rebus dengan taburan parutan kelapa.

About Lai Karomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *