Kelebihan Dan Kelemahan Menjadi Seorang Wiraswasta

Wiraswasta adalah seseorang yang mencari uang atau penghasilan dengan membuka usaha sendiri. Seseorang yang tidak bekerja di suatui tempat atau tidak terikat dengan aturan orang lain. Misal dengan berdagang membuka warung, toko, kios atau jualan di jalanan. Atau wiraswasta dengan membuka sebuah konveksi atau bahkan pabrik dengan memiliki beberapa karyawan atau bahkan puluhan orang.

Membuka counter HP dan jualan pulsa menjadi tren saat ini ketika mereka memutuskan untuk menjadi wiraswasta. Atau ada juga yang dengan menyewakan atau membuka rental mobil. Membuka tempat fotocopy an di dekat sekolah juga menjadi salah satu pilihan yang banyak digeluti orang ketika ingin membuka usaha sendiri. Kalau di daerah asal saya Garut mayoritas membuka usaha sendiri dengan membuka tempat pangkas rambut atau barber shop. Dari kalangan selebriti juga sudah banyak yang membuka usaha sendiri sebagai jaga jaga ketika mereka sudah pensiun dari dunia keaktrisannya.

Ada Inul Daratisa dan Charly Van Houten yang membuka tempat karokean. Lalu Laudya Chyntia Bella yang membuka toko kue dengan nama “Bandung Makuta”. Dan masih banyak aktris lainnya yang menjadi wiraswasta. Namun tentu ada kelebihan dan kelemahan ketika menjadi wiraswasta yaitu :

  1. Kelebihan

Ketika seseorang menjadi wiraswasta maka dia akan menjadi bos dan tidak akan ada dibawah telunjuk orang lain. Seorang wiraswasta mempunyai waktu yang bebas sehingga dia dapat berkumpul atau berpergian dengan keluarga atau temannya kapan saja. Berbeda dengan seseorang yang bekerja jika akan pergi atu berkumpul bersama keluarga dan temannya menunggu waktu setelah pulang kerja atau ketika libur tiba dan tanggal merah saja. Seorang wiraswasta juga tidak terikat oleh sebuah aturan sehingga tidak tertekan oleh sebuah aturan sebuah tempat kerja. Bisa punya penghasilan yang lebih tinggi dari sekedar seorang pekerja yang hanya mengandalkan gaji yang akan diterimanya tiap bulan.

  1. Kelemahan

Seorang wiraswasta itu mendapat penghasilan dari tempat usahanya. Jika tempat usahanya rame tentu akan menguntungkan bagi dia. Namun jika tempat usahanya sepi dia juga harus menerima resikonya. Tak jarang banyaknya wiraswasta yang gulung tikar atau bangkrut karena tempat usahanya sepi atau tidak berkembang. Sehingga wiraswasta ini harus pintar pintar mencari cara agar tempat usahanya rame dan tidak gulung tikar. Mencari solusi yang tepat untuk sepinya tempat usahanya itu.

Mencari usaha yang cocok untuk kita geluti sebelum membuka usaha sendiri itu penting. Jangan sampai kita tidak bisa mengembangkan usaha kita karena kita tidak mengerti bagaimana cara mengembangkannya.

About Lai Karomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *