Review Karaktersitik Tambahan Media Baru Di IDNtimes

Berita Gadget Terbaru Generasi Millennial | IDN Times

IDNtimes.com yang terlahir dan berkembang di era media baru berbasis kepada portal berita online. Dimana IDNtimes.com akan membidik mereka kaum milenial sebagai targetnya. Lalu apakah IDNtimes.com yang terlahir di era media baru ini sudah mampu memenuhi karakteristik sebagai media baru? Adanya pendapat dari Lister ditahun 2009 yang mengatakan jika sebuah media baru itu harus memiliki beberapa karakteristik seperti digital, interactive, hypertextual, networked, virtual, dan juga simulated.

Selain karakterstik yang telah dikemukan oleh Lister diatas, masih ada karakteristik tambahan lain supaya sebuah media baru bisa dikaji. Berikut dibawah ini karaktersitik tambahan media baru di IDNtimes diantaranya yaitu :

  • Content

IDNtimes telah menerbitkan konten konten yang bisa dikategorikan telah mengikuti kaidah penulisan artikel menurut BBC. Hal tersebut bisa dilihat dari ditampilkannya judul judul yang menarik, ada juga rangkuman diawal artikel, menggunakan gambar gambar, dan juga adanya hyperlink. Selain itu juga di IDNtimes telah ditambahkannya video pada bagian pojok kiri atas yang bisa memberikan gambaran lebih jelas tentang sebuah berita.

Jika dilihat dari segi kualitas penulisannya, kata katanya disusun dengan sangat baik dan saling berhubungan antara paragraf yang satu dengan paragraf lainnya. Didalam satu paragrafnya hanya terdiri dari dua hingga tiga kalimat saja, Sehingga pada saat dibaca melalui ponsel tidak akan terlalu penat untuk dibaca.

  • Functionality

IDNtimes.com memang sengaja dihadirkan untuk mereka kaum milenial, sehingga konten yang dibuatnya juga disesuaikan dengan gaya hidup milenial. Oleh karena itu siapa saja pastinya akan dimudahkan untuk menggunakan IDNtimes.com ini dan juga bisa berfungsi dengan baik.

  • Navigation

Aplikasi berita terbaik ini juga menyediakan sangat banyak konten dan beragam. Tetapi untungnya di IDNtimes.com ini telah disediakannya fitur fitur yang memisahkan konten berdasarkan kepada topiknya, sehingga akan memudahkan para pembacanya untuk memilih konten yang ingin dibacanya. Selain itu juga di IDNtimes.com adanya fitur “What’s Hot”, dimana fitur ini akan menampilkan berita terkini yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

  • Audio/Video Quality

Meski IDNtimes.com dihadirkan sebagai media baca, tetapi IDNtimes.com juga telah menambahkan video yang disematkan pada artikel artikel buatannya yang biasanya berhubungan dengan artikel tersebut.

  • Interactivity

Tidak hanya ada karakteristik interactivity saja, tetapi juga adanya karakteristik interaktif lainnya yang dimiliki IDNtimes.com yaitu adanya angket atau kuisioner yang dapat menghubungkan IDNtimes dengan para pembacanya.

Memang benar sekali jika IDNtimes ini dilahirkan di era media baru, sehingga karakteristik yang ada didalamnya juga telah terpenuhi. Oleh karena itu IDNtimes.com telah terlahir sebagai media baru yang akan memberikan banyak manfaat bagi audiens mulai dari akan diberikannya informasi hingga menyuguhkan banyak fitur.

IDNtimes.com ini adalah sebuah website yang akan memberikan banyak ingformasi menarik. IDNtimes hadir dengan membawa banyak kelebihan seperti salah satunya adalah memuat artikel yang berkualitas. Hal tersebut bisa dilihat dari sangat minimnya typo atau salah mengetik. Minimnya salah ketik tersebut adalah berkat proses editor yang dilakukan oleh tim IDNtimes yang sangat ketat sebelum sebuah artikel dipublish. Dimana kata katanya itu memiliki susunan yang sangat nyambung dan mengalir sehingga membuat siapa saja yang membacanya akan merasa nyaman dan betah untuk berlama lama membacanya. Tidak hanya memuat artikel yang berbobot saja tetapi pemilihan tema artikelnya juga sangat menarik dan membuat banyak orang penasaran untuk membacanya.

About penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *