Ini Dia Beragam Makanan Tradisional Khas Jepang Yang Wajib Kamu Coba!

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepang

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kuliner-kuliner khas Jepang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat kita. Hal itu pun terbukti, dimana kuliner khas Jepang cukup disukai oleh masyarakatnya lho. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini aplikasi memasak akan mengulas seputar beragam makanan tradisonal khas Jepang.

1. Sashimi

Makanan tradisional Jepang pertama yang wajib kamu coba, yakni bernama sashimi. Menurut informasi yang di dapat, sashimi ini sudah terlebih dulu ada sebelum sushi lho. Ya, sashimi itu sendiri merupakan hidangan berupa dgaing ikan mentah tanpa campuran nasi, sedangkan sushi berupa daging ikan mentah yang disajikan dengan nasi. Biasanya, masyarakat melumuri sashimi dengan jeruk nipis atau dicelupkan pada kecap asin agar tidak terlalu bau amis. Namun, ada juga sebagian dari mereka yang langsung mengonsumsinya. Selain terbuat dari daging ikan, masih ada lagi varian daging lainnya seperti sapi, ayam, kuda, dan ikan laut lainnya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

2. Tempura

Tak hanya sashimi, tempura juga merupakan salah satu makanan tradisional Jepang yang tentu saja harus kamu cicipi. Perlu kalian ketahui, bahwa tempura ini tidak bisa dibuat oleh sembarang koki. Pasalnya, tempura harus dibuat dengan sangat hati-hati menggunakan teknik pemotongan yang begitu teliti. Bukan hanya itu, cara menggorengnya pun harus dengan suhu yang panas serta dingin secara bergantian lho. Dengan kata lain, hanya koki-koki tertentulah yang mampu membuat tempura.

3. Yakitori

Apabila dilihat dari bentuknya, yakitori ini mengingatkan kita pada sebuah hidangan yang bernama sate. Soalnya, yakitori juga menggunakan daging hewan sebagai bahan utamanya yang ditusuk dengan tusukkan bambu seperti sate, kemudian dibakar di atas bara api. Menurut catatan sejarah, awal mulanya yakitori ini hanya diboleh dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas saja. Memasuki pertengahan abad 17-an, barulah yakitori bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

4. Miso

Miso merupakan sebuah hidangan yang berupa sup, dimana cara penyajian tak berbeda jauh dengan makanan tradisioal Jepang lainnya. teknik pembuatan miso itu sendiri terbilang cukup sederhana, yakni hanya tinggal mencampurkan daging, sayur, serta berbagai rempah-rempah ke dalam kuah. Seperti halnya kebiasaan masyarakat kita, dimana miso ini juga sering dikonsumsi dengan nasi putih yang hangat.

5. Tsukemono Pickles

Meskipun tampilannya tampak seperti jenis makanan modern, namun tsukemono pickles ini sudah dikonsumsi oleh masyarakat Jepang sejak zaman pra sejarah. Makanan yang satu ini terbuat dari campuran beragam macam bahan, mulai dari buah-buahan, sayuran, dan lain sebagainya. Selain tampilannya yang sedap di pandang, ternyata tsukemono pickles memiliki cita rasa yang begitu memanjakan lidah.

6. Udon

Banyak yang beranggapan bahwa udon ini sama dengan ramen. Ya, terang saja demikian, sebab kedua jenis makanan tersebut memiliki tampilan yang sama. Begitu pun dengan bahan dasarnya, dimana mie udon ini terbuat dari tepung terigu pilihan yang mempunyai tekstur kenyal. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, harga yang ditawarkannya pun cukup bersahabat dengan isi dompet kita lho.

7. Sukiyaki

Makanan tradisional Jepang berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni bernama sukiyaki. Makanan tersebut terdiri dari campuran daging sapi, tahu, dan beragam jenis sayuran yang dimasak bersama saus kedelai manis.

Seperti itulah deretan jenis makanan tradisional Jepang yang tentunya harus kamu coba. 

About penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *