KrediFazz vs Uang Teman: Mana yang Terbaik Buat Pinjaman?

Aplikasi pinjaman uang onlineatau P2P lending, meskipun nama dan brandnya beda-beda, tapi biasanya punya regulasi atau layanan yang mirip-mirip. Mulai dari nama produk, kisaran limit pinjaman, bunga, sampai tenor. Nah, tugas kitalah sebagai peminjam untuk menyortir satu per satu kalo mau pake.

Kenapa butuh disortir? Tentu aja, supaya dapat aplikasi pinjaman uang online yang terbaik. Terutama dalam hal suku bunga. Karena suku bungalah salah satu poin penting yang bakal menentukan nih pinjaman kita balikinnya berapa.

Kalo bisa nemu dan pinjam ke aplikasi yang bunganya rendah, ya ngapain juga milih yang bunganya tinggi. Logikanya, gitu kan? Maka dari itu, saya mau kasih rekomendasi dua fintech yang cukup worth buat dipilih dan dibandingkan nih, yaitu KrediFazz dan Uang Teman. Lumayan buat jaga-jaga. Siapa tau ada yang butuh buat tanggal tua atau kebutuhan darurat lain.

Nama Uang Teman sendiri kalo saya lebih familiar dibanding KrediFazz yang belum lama ini muncul. Kalo dari sisi layanan dan tetek bengek pinjamannya, gimana ya?

Perbedaan layanan pinjaman di KrediFazz vs Uang Teman

Perbedaan utama dari KrediFazz dan Uang Teman ada pada jenis atau kategori produk pinjaman yang ditawarkan. Di KrediFazz, sekarang layanan pinjaman baru tersedia satu jenis, yaitu pinjaman dana tunai dengan tempo singkat.

Sementara di Uang Teman, produk pinjamannya ada tiga jenis, yaitu (1) Pinjaman Sekali Bayar; (2) Pinjaman Cicilan; dan (3) Pinjaman Cicilan Ringan. Dari namanya aja udah keliatan kan kalo Uang Teman menawarkan pinjaman dengan cara bayar yang beda-beda. Ada yang sekali bayar, ada yang bisa dicicil.

Perbedaan limit, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz vs Uang Teman

Karena produk pinjamannya baru satu jenis, limit pinjaman di KrediFazz juga masih terbatas. Mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1,5 juta. Dengan limit ini, KrediFazz memberikan suku bunga 9% per bulan (0,3% per hari) dengan jangka waktu pembayaran 30 hari.

Sementara di KrediFazz, beda produk pinjaman, beda juga limit, suku bunga, dan tenornya.

  1. Untuk Pinjaman Sekali Bayar, minimal pengajuan pinjaman adalah Rp 1,5 juta dengan jangka waktu maksimal 70 hari. Bunganya 0,8% per hari (24% per bulan).
  2. Untuk Pinjaman Cicilan, limit pengajuan pinjaman mulai dari Rp  5 juta sampai Rp 20 juta dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. Bunganya 0,5% – 0,65% per hari (15% – 18% per bulan).
  3. Untuk Pinjaman Cicilan Ringan, limit pengajuan pinjaman mulai dari Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. Bunganya 0,2% – 0,3% per hari (6% – 9% per bulan).

Kalo harus dibandingkan apple to apple, produk pinjaman yang ada di KrediFazz setara dengan produk Pinjaman Sekali Bayar di Uang Teman. Tapi, meski produk pinjamannya beragam, suku bunga Uang Teman lebih tinggi dibanding KrediFazz. Suku bunga KrediFazz yang 9% per bulan setara dengan produk Pinjaman Cicilan Ringan di Uang Teman.

Nah, kalo kalian nyari fintech pinjaman uang online yang bunganya lebih rendah, KrediFazz cocok nih meskipun limitnya kecil dan terbatas. Sebaliknya, kalo butuh pinjaman menengah hingga besar, Uang Teman bisa jadi pilihan namun perhatikan juga suku bunganya ya.

Perbedaan syarat daftar pinjaman di KrediFazz vs Uang Teman

Syarat daftar KrediFazz menurut saya cukup simple, yaitu:

  1. Berusia 18 – 60 tahun dan berstatus sebagai WNI.
  2. Tinggal di Indonesia.
  3. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta

Kalo udah memenuhi syarat di atas, kamu bisa langsung download aplikasi KrediFazz di Google Play Store dan ajuin pinjaman. Oh iya, proses pencairan pinjaman di KrediFazz itu cuma 1 x 24 jam lho. Saya udah nyobain sendiri, hehe. Buat kebutuhan mepet-mepet, oke banget. Terus kalo udah dibayar pinjamannya, limit kita bakal balik dan bisa dipake lagi buat pinjam kalo butuh.

Buat Uang Teman, syaratnya juga cukup simple, yaitu:

  1. Pendaftar/peminjam berusia 21 – 55 tahun.
  2. Berdomisili di Jabodetabek dan wilayah cakupan Uang Teman.
  3. Punya penghasilan minimal Rp 2,3 juta per bulan untuk yang tinggal di Jabodetabek dan minimal Rp 2 juta untuk yang tinggal di luar Jabodetabek.
  4. Punya email dan rekening tabungan pribadi.

Sama seperti KrediFazz, aplikasi Uang Teman juga tersedia di Google Play Store. Kalo udah memenuhi syarat, langsung aja download, daftar, dan ajukan pinjaman.

Tertarik coba? 🙂

About penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *