6 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Sebelum Memakan Buah Naga

Source: https://www.lexiquecanadawide.com/the-dragon-fruit

Buah naga merupakan buah tropis yang populer saat ini. Alasannya, buah naga memiliki rasa yang unik. Akan tetapi, kaya akan kandungan gizi yang kompleks. Beragam nutrisi yang terkandung dalam buah naga tersebut memberikan manfaat terbaik bagi tubuh.

Lalu, seperti apa penampakan buah naga? Apa saja manfaatnya bagi tubuh, dan bagaimana cara memakannya? Untuk mengenal lebih jauh tentang buah naga, mari simak ulasan berikut ini. 

Apa Itu Buah Naga?

Buah naga tumbuh di kaktus Hylocereus atau disebut juga dengan “ratu Honolulu”. Kaktus tersebut memiliki bunga yang hanya mekar pada malam hari. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Saat ini, buah naga telah tumbuh hingga ke seluruh dunia. 

Tampilan buah naga terlihat begitu eksotis. Tetapi rasanya mirip seperti perpaduan buah pir dan kiwi. Buah naga terdiri atas dua jenis yaitu buah naga berdaging merah dan berdaging putih. Namun, Anda juga dapat menemukan jenis buah naga berdaging putih dan berkulit kuning. 

Apa Saja Kandungan Gizi Buah Naga?

Buah naga mengandung sejumlah nutrisi dan diklaim sebagai penyedia magnesium, zat besi, dan serat yang layak. Dalam 100 gram buah naga terdiri atas 60 kalori, 13 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, 3 gram serat, 3% vitamin C, 4% besi, dan 10% magnesium.

Selain itu, buah naga juga mengandung betalains, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Betalains terkandung dalam daging buah naga merah yang berfungsi untuk memerangi lemak jahat. Sementara itu, Hydroxycinnamates berperan untuk memerangi sel kanker. Sedangkan Flavonoid merupakan kelompok antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Apa Saja Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan?

Berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga, buahan dengan warna yang unik ini memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Buah naga putih maupun merah terbukti mengurangi retensi insulin.
  2. Cocok untuk diet karena dapat mengurangi lemak hati dan menjaga kesehatan pencernaan. 
  3. Buah naga mengandung serat prebiotik yang dapat meningkatkan kesehatan metabolisme.
  4. Menangkal radikal bebas, mengurangi kekakuan arteri, dan merespon gula darah dengan sangat baik. 

Bagaimana Cara Memakan Buah Naga?

Meskipun mungkin terlihat sedikit menakutkan, ternyata buah naga begitu mudah untuk dimakan. 

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan.

  1. Pilihlah buah yang matang dengan warna merah cerah, warna kulit merata, dan sedikit berair ketika ditekan. 
  2. Gunakan pisau tajam dan potong secara horizontal menjadi dua bagian.
  3. Gunakan sendok untuk memakan buah dari kulitnya. Anda juga bisa mengupas kulitnya dan memotong daging buahnya menjadi bagian yang lebih kecil.
  4. Buah naga dapat dimakan secara langsung, dicampur bersama yogurt, atau dijadikan salad buah. 

Perhatian Khusus

Secara keseluruhan, buah naga adalah jenis buah yang aman untuk dikonsumsi.  Namun, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi karena mengonsumsi makanan yang tercampur dengan buah naga. 

Pengujian laboratorium menunjukkan bahwa antibody mereka bereaksi terhadap buah naga. Sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti munculnya ruam. Begitu hal tersebut terjadi pada Anda, segera konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi. 

Cara Memilih Buah Naga yang Segar dan Berkualitas

Memilih buah naga untuk sebagian orang memang agak sedikit membingungkan. Lebih lagi jika Anda berbelanja di supermarket. Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena TaniHub dapat menjawab permasalahan tersebut.

Di sini, Anda bisa mendapatkan buah naga dengan kualitas terbaik. Tidak perlu resah dengan tingkat kematangan buah yang belum jelas. Ini karena TaniHub memastikan pelanggan mendapatkan pilihan yang tepat dan menjamin kepuasan pelanggan. So, tunggu apa lagi? Segera berbelanja di TaniHub sekarang dan nikmati promo menariknya di sini

About penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *