Beberapa Sektor Bisnis yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

FORTUNEĀ® Indonesia Luncurkan Edisi Perdananya

Hampir dua tahun sudah kita bertahan hidup di tengah kondisi pandemi virus corona yang menyerang seluruh dunia. Adaptasi dalam segala aspek kehidupan sudah dilakukan demi keberlangsungan dunia ini.

Kehadiran pandemi ini tentu saja merubah hampir semua tatanan kehidupan di seluruh dunia. Sektor bisnis tentu saja salah satu yang mengalami perubahan yang cukup drastis. Kita bisa mengetahui ada banyak sekali perusahaan yang tidak bisa bertahan, hingga banyak orang harus kehilangan pekerjaan mereka.

Walaupun begitu, ada beberapa sektor bisnis yang masih mampu bertahan di tengah pandemi yang berkepanjangan ini. Digitalisasi di era modern ini tentu saja menjadi salah satu penunjang, mengapa sektor tersebut masih mampu bertahan di tengah bencana ini.

Adaptasi, itulah kunci utama mengapa beberapa sektor ini masih bisa berjalan di tengah kegentingan ini. Berikut adalah paparannya yang rangkum dari Fortune Indonesia: Media Bisnis dan Ekonomi!

Kesehatan

Salah satu sektor yang masih sangat mungkin untuk bertahan di tengah pandemi ini sudah jelas sektor kesehatan. Di luar tanggung jawab para tenaga kesehatan untuk menangani pasien covid 19, bisnis di sektor kesehatan mampu beradaptasi melalui digitalisasi.

Salah satu inovasi di bisnis sektor kesehatan yang cukup populer di masa pandemi ini adalah chatbot. Chatbot ini cukup populer dimanfaatkan oleh industri kesehatan dalam membuat diagnosis awal dan memberikan layanan medis.

Pemanfaatan bot ini tentu saja juga memberikan efisiensi serta membatasi kontak fisik di tengah pandemi ini. Halodoc adalah salah satu perusahaan di bidang kesehatan yang menghadirkan fitur ini falam kategori covid-19. Bahkan, mereka telah bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan berkaitan dengan penanganan covid-19.

Pendidikan

Salah satu sektor yang tidak boleh lumpuh meskipun pandemi melanda adalah sektor pendidikan. Berbagai macam platform pendidikan berbasis teknologi menjadi salah satu pemeran utama dalam mendukung pembelajaran jarak jauh.

Seperti yang telah kita sadari, para guru di sekolah mungkin tidak akan sanggup untuk memberikan pelajaran kepada siswa sesuai dengan kurikulum yang diberikan. Oleh karena itu, kehadiran beberapa platform media belajar seperti Zenius, Ruangguru, dan sebagainya tentu saja akan sangat membantu para murid untuk tetap belajar walaupun dari rumah.

BerbagPenggunaan aplikasi-aplikasi tersebut tentu saja mengalami kenaikan gratis. Dari hal itu, bisnis di sektor pendidikan malah semakin maju di tengah masa pandemi, bahkan mereka ikut membantu dalam pemulihan kehidupan bangsa.

Perbankan

Perbankan merupakan salah satu sektor bisnis yang masih mampu bertahan di tengah pandemi ini. Digitalisasi yang juga sudah merambah ke sektor perbankan mulai populer dimanfaatkan oleh masyarakat di tengah pandemi ini. Pembayaran online yang marak terjadi menjadi salah satu alasan mengapa perbankan masih bisa bertahan di tengah krisis ini.

Pembukaan rekening secara digital merupakan salah satu keberhasilan digitalisasi yang mampu dirasakan oleh masyarakat di tengah pandemi. Dengan ini, mereka bisa mendapatkan layanan perbankan tanpa tatap muka.

Consumer Goods Industry

Sektor yang terakhir ini bisa dibilang merupakan salah satu sektor yang paling mampu beradaptasi di masa pandemi ini. Sektor ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam mengolah produk untuk konsumsi masyarakat.

Kita bisa mengetahui, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling cerdas dalam pemanfaatan media sosial sebagai media bisnis. Sektor industri konsumsi ini merupakan salah satu yang bisa terus berjalan dengan pemanfaatan media sosial maupun marketplace sebagai perantaranya.

Itulah beberapa sektor yang mampu bertahan di tengah pandemi yang cukup menyulitkan. Semoga dunia kita lekas membaik, sehingga kita bisa kembali ke masa-masa dimana kehidupan berjalan dengan normal.

About penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *